• SMA NEGERI 7 PADANGSIDIMPUAN
  • Maju Bersama Hebat Semua!

Apa Itu New Normal

Definisi new normal menurut Pemerintah Indonesia adalah tatanan baru untuk beradaptasi dengan COVID-19.

Pemerintah Indonesia melalui Juru Bicara Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan, masyarakat harus menjaga produktivitas di tengah pandemi virus corona COVID-19 dengan tatanan baru yang disebut new normal.

Menurutnya, tatanan baru ini perlu ada sebab hingga kini belum ditemukan vaksin definitif dengan standar internasional untuk pengobatan virus corona. Para ahli masih bekerja keras untuk mengembangkan dan menemukan vaksin agar bisa segera digunakan untuk pengendalian pandemi COVID-19.

"Sekarang satu-satunya cara yang kita lakukan bukan dengan menyerah tidak melakukan apapun, melainkan kita harus jaga produktivitas kita agar dalam situasi seperti ini kita produktif namun aman dari COVID-19, sehingga diperlukan tatanan yang baru," kata Achmad Yurianto dalam keterangannya di Graha BNPB, Kamis (28/5/2020).

Menurut Yuri, tatanan, kebiasaan dan perilaku yang baru berbasis pada adaptasi untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat inilah yang kemudian disebut sebagai new normal.

Cara yang dilakukan dengan rutin cuci tangan pakai sabun, pakai masker saat keluar rumah, jaga jarak aman dan menghindari kerumunan. Pihaknya berharap kebiasaan baru ini harus menjadi kesadaran kolektif agar dapat berjalan dengan baik.

"Siapa pun yang mengelola tempat umum, tempat kerja, sekolah dan tempat ibadah harus melakukan memperhatikan aspek ini, bahkan kita berharap harus menjadi kontrol terhadap kedisiplinan masyarakat," ujarnya.

Untuk merealisasikan skenario new normal, saat ini pemerintah telah menggandeng seluruh pihak terkait termasuk tokoh masyarakat, para ahli dan para pakar untuk merumuskan protokol atau SOP untuk memastikan masyarakat dapat beraktivitas kembali, tetapi tetap aman dari COVID-19.

Saat ini pemerintah telah menghimbau agar masyarakat bersiap untuk hidup new normal dimana masyarakat diminta untuk hidup berdampingan dengan COVID-19 atau lebih dikenal dengan virus Corona. Lalu bagaimana cara menjalani hidup new normal saat ini?

1.Saat keluar rumah
Saat keluar rumah terapkan langkah pencegahan dasar kapanpun dan dimanapun dan pastikan untuk tidak keluar rumah jika sedang tidak enak badan. Penerapan physical distancing wajib dilakukan saat diluar rumah dan jangan keluar rumah jika tidak penting. Saat kembali ke rumah, langsung lakukan hal berikut ini :

  • Buka alas kaki sebelum masuk ke dalam rumah.
  • Semprotkan disinfektan pada alas kaki maupun peralatan yang kamu gunakan.
  • Cuci tangan dengan air dan sabun.
  • Lepaskan pakaian yang dikenakan dan segera masukkan ke dalam tempat cucian yang tertutup.

Mandi dan berganti pakaian bersih sebelum bersantai atau berkumpul dengan keluarga.

2. Saat bekerja di kantor
New normal membuat para karyawan kembali bekerja di kantor secara bertahap setelah beberapa bulan ini melakukan pekerjaan di rumah. Agar tetap aman, kalian masih harus menerapkan pshysical distancing dalam setiap kesempatan. Saat meeting, usahakan ada jarak antarkursi minimal 1 meter dan saat makan siang, lebih baik membawa bekal dari rumah agar tidak berdesakan di kantin dan bertemu banyak orang. Apabila badan kamu sudah tidak fit, langsung ijin pulang dan beristirahat dan lebih baik tidak ke kantor terlebih dahulu jika memang tidak memungkinkan.

3. Saat menggunakan transportasi umum
Jika kamu diharuskan menggunakaan transportasi umum untuk bepergian, pastikan selalu menerapkan pencehagan dasar. Jangan lupa membawa hand sanitizer dan jangan menyentuh wajah dengan tangan yang belum dibersihkan. Pastikan pula kamu membawa botol minuman agar terhindar dari dehidrasi.
Yang paling penting adalah tetap menerapkan physical distancing, sebisa mungkin menjaga jarak 1 meter dengan penumpang lain. Apabila hal ini tidak memungkinkan, mungkin kamu harus mencari opsi lain untuk transportasi yang akan digunakan.

4. Ketika berbelanja
Ketika kamu diharuskan berbelanja untuk membeli bahan makanan, hal utama yang harus diterapkan adalah physical distancing. Pastikan kamu tidak menyentuh banyak barang di toko ataupun tempat umum. Dan jangan lupa membawa hand sanitizer untuk mengurangi resiko terkontaminasi oleh virus. Kamu tidak perlu berlama-lama saat berbelanja, catat bahan belanjaan yang harus kamu beli dan segera ke kasir jika sudah mendapatkan. Cuci tangan dengan sabun setelah bertransaksi dengan uang.

Keadaan new normal saat ini mengharuskan kita terus waspada dan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan. Jika tidak terlalu penting, usahakan berdiam diri di rumah saja..

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
E-LEARNING

Assalammu’alaikum wr.wb Segala puji dan syukur kami panjatkan ke hadlirat Tuhan Yang Maha Kuasa bahwa saat ini kami telah mampu melaunching dan menyajikan Website Interaktif denga

09/07/2020 13:02 - Oleh Administrator - Dilihat 94 kali
Panduan Elearning untuk Guru

09/07/2020 13:02 - Oleh Administrator - Dilihat 60 kali
Panduan Elearning Untuk Siswa

Berikut ini panduan belajar melalui elearning https://elearning.sman7pasid.sch.id/

09/07/2020 13:02 - Oleh Administrator - Dilihat 94 kali